RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA ...........
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
XI/Dua
Materi pokok : Titrasi asam basa dan kurva
titrasi
Alokasi Waktu : 2 mggu x 4 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2
: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
4.11 Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan
data hasil titrasi asam basa.
Indikator:
1. Menyebutkan dengan penuh tanggung jawab pengertian
titrasi asam basa
2. Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa dengan
titrasi
3. Menentukan
indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam asam dan basa
4. Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
5. Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan
4.11 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan titrasi asam-basa.
Indikator:
1. Merancang percobaan titrasi untuk menentukan
konsentrasi/kadar asam basa
2. Melakukan
percobaan titrasi asam atau basa
3. Menyimpulkan
hasil percobaan titrasi asam basa
4. Menghitung
kadar zat dari data percobaan
5. Menyajikan
hasil percobaan titrasi asam basa
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyadari adanya keteraturan sifat hantar listrik pada larutan sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME.
2.
Siswa
dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan
kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
4. Siswa
dapat Menyebutkan dengan penuh tanggung jawab pengertian titrasi asam basa
5. Siswa dapat Menentukan konsentrasi/kadar asam atau
basa dengan titrasi
6.
Siswa
dapat Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam asam dan
basa
7.
Siswa
dapat Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
8.
Siswa
dapat Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan
9. Siswa
dapat Merancang percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi/kadar asam basa
10.
Siswa dapat Melakukan percobaan titrasi asam atau
basa
11.Siswa dapat Menyimpulkan
hasil percobaan titrasi asam basa
12.
Siswa
dapat Menghitung kadar zat dari data percobaan
13. Siswa
dapat Menyajikan hasil percobaan titrasi asam basa
D. Materi Pembelajaran
·
Fakta
Larutan
pemtrasi
Larutan
baku
·
Konsep
Titrasi
Asidialkalimetri
Cara
mennitrasi
Perubahan
pH pada reaksi penetralan
·
Prinsip
Titik
ekivalen
Titik
akhir titrasi
·
Prosedur
Titrasi adalah
cara analisis tentang pengukuran jumlah larutan yang dibutuhkan untuk bereaksi
secara tetap dengan zat yang terdapat dalam larutan lain. Titrasi berasal dari
kata titer yang artinya tetes.
Hal-hal
penting pada titrasi a. Titik ekivalen Titik ekivalen adalah saat jumlah mol H+ sama dengan jumlah mol OH–.
Biasanya ditunjukkan dengan harga pH. b. Titik akhir titrasi Titik
akhir titrasi adalah saat di mana titrasi harus dihentikan ketika indikator
berubah warna. Reaksi penetralan asam basa dapat digunakan untuk menentukan
kadar/konsentrasi berbagai jenis larutan. Kadar larutan asam ditentukan dengan
menggunakan larutan basa yang telah diketahui kadarnya, atau sebaliknya. Proses
penetapan kadar larutan dengan cara ini disebut titrasi asam basa/asidialkalimetri.
Titrasi dilakukan dengan mereaksikan sedikit demi sedikit/tetes demi tetes
larutan basa melalui buret ke dalam larutan asam yang terletak dalam labu
erlenmeyer, sampai keduanya tepat habis dengan ditandai berubahnya warna
indikator, disebut titik akhir titrasi. Titik ekuivalen diketahui
dengan bantuan indikator. Jika larutan asam basa ditetesi larutan basa, maka pH
larutan akan naik atau sebaliknya. Grafik yang menyatakan perubahan pH pada
penetesan asam basa dengan basa atau sebaliknya disebut kurva titrasi.
a.
Penetralan
asam kuat oleh basa kuat
Perubahan
pH pada penetralan asam kuat oleh basa kuat kurva yang didapat adalah
sebagai berikut. Pada titrasi HCl dengan NaOH, mula-mula pH naik sangat
lambat kemudian terjadi lonjakan pH dan selanjutnya kenaikkan pH
lambat lagi. Titik tengah bagian vertical grafik 3
adalah
titik ekivalen titrasi. Pada titrasi asam kuat dan basa kuat
titik ekivalen terjadi pada pH= 7. Larutan dengan pH 7
bersifat netral yaitu jumlah ion H+ sama dengan ion OH–.
Pada titrasi asam kuat oleh basa kuat indikator yang tepat digunakan
adalah metil merah, karena trayek metil merah antara 4,4 – 6,2.
Jadi terjadi perubahan warna indikator dari merah menjadi kuning.
Ketika warna indikator kuning pH larutan sudah di atas 6,2 atau
mendekati 7.
b.
Titrasi Asam Kuat dengan Basa Lemah
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Eksperimen
2.
Diskusi
Kelompok
3.
Inquiri
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media.
Bahan
Tayang
2.
Alat/Bahan
Buret, statif, gelas kimia, Beberapa sampel larutan, indikator,corong dan
pipet.
3.
Sumber Belajar
§ Michael Purba, Kimia Kelas XI SMA /MA , Erlangga ,Jakarta
§ Supplement books:
·
Cerdas Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo
Media Pratama, 2008
·
buku pegangan Kimia jilid 2, Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa, dan
hands out
·
Lembar kerja
§ Internet
http://psb-psma.org
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
A.
Pendahuluan
1) Siswa merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2) Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang titrasi asam
basa
3) Siswa menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4) Guru
menagih secara lisan tugas baca
dan mencari artikel tentang titrasi asam basa
|
|
Guru
menagih secara lisan tugas baca
dan tugas mencari artikel tentang titrasi asam basa
|
B.
Kegiatan Inti Guru
1.
Siswa diminta mencari
informasi dari berbgai sumber tentang titrasi asam basa
2.
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan apa fungsi
indikator dalam titrasi asam basa, indikator apa yang tepat untuk titik
titrasi asam basa, kapan titrasi dinyatakan selesai?
3.
Guru mengajukan pertanyaan bagaimana menguji
kebenaran konsentrasi suatu produk, misalnya cuka dapur 25%?
4. Siswa diminta merancang percobaan dan
mempresentasikan hasil rancangan titrasi asam basa untuk menyamakan presepsi
5. Siswa
diminta untuk memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi asam
basa
6. Siswa melakukan percobaan titrasi asam basa
7.
Siswa mengamati
dan mencatat data hasil titrasi.
8. Siswa mengolah data hasil percobaan
9. Siswa menentukan konsentrasi pentiter atau zat yang
dititer
10. Siswa menentukan kemurnian suatu zat
11. Siswa menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik
ekivalen melalui titik akhir titrasi
12. Siswa
membuat laporan titrasi asam basa dan mempresentasikannya dengan menggunakan
tata bahsa yang benar
13. Siswa
mengkomunikasikan bahwa untuk menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan
dengan cara titrasi asam basa
|
|
|
C.
Penutup
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang titrasi
dan kurva titrasi asam basa
·
Guru meminta siswa mencatat
soal penugasan mengenai titrasi
asam basa
·
Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk
materi berikutnya
|
|
|
|
|
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme
dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi
Kerja Kelompok
|
- Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes
Tertulis
|
-
Soal
Penugasan
-
Soal
Objektif
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Laporan
Praktik
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Rubrik
Penilaian
|
|
Jakarta, .....................
Kepala SMA Negeri ........ Guru Mata Pelajaran
KIMIA
............................ ............................
NIP. ........................ NIP.
........................
Catatan Kepala Sekolah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar